Cara Menambahkan Musik di Blog

11.54 0 Comments

Hai. Lama gak posting nih. Daripada gak posting ya mending posting dong (you don't say). Kali ini aku mau posting tentang cara menambahkan musik di blog supaya blog kita gak sepi dan pengunjung betah di blog kita. Alat tempurnya adalah :
1. Blog (ya iyalah)
2. File audio
3. Google site (untuk menaruh lagu yang kita inginkan)
4. Web player (nanti tak jelasin)
Ok. Kita to the point ya. Step-by-stepnya sebagai berikut.
1. Anda harus punya google site terlebih dahulu. Untuk membuatnya anda bisa mengunjungi https://sites.google.com
Tampilan Google Sites

2. Klik buat (yang dilingkari).
Tampilan pembuatan Google Sites

3. Setelah klik buat, akan muncul tampilan seperti di atas. Isi nama situs sesuai keinginan anda. Misalnya Dimas WebNote File Server dan jangan lupa isi captchanya. Oh iya, lokasi situs bisa dirubah sesuai keinginan. Misalnya yang tadinya dimaswebnotefileserver diganti menjadi dimaswebnote.
Tampilan setelah Google Sites dibuat.
4. Setelah pembuatan selesai, maka akan muncul tampilan seperti di atas. Tapi ini belum selesai. Anda harus membuat laman baru. Caranya, klik tombol kertas dengan tanda + (kanan atas sebelah ikon pensil) atau bisa juga dengan menekan tombol "C".

Tampilan pembuatan laman baru


Ganti laman web dengan lemari file












5. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di atas. Anda tinggal mengisikan nama laman anda. Misalnya karena audio. Dan ganti laman web dengan lemari file.
Tampilan setelah membuat laman
6. Setelah membuat laman, anda tinggal mengupload lagu yang diinginkan. Caranya tinggal klik tambahkan file dan  pilih file yang diinginkan. Disarankan menggunakan audio menggunakan bitrate kecil dan berformat mp3. Jika tidak ada, anda bisa melakukan encode dengan berbagai aplikasi yang ada. Misal disini saya menggunakan nero untuk meng-encode lagu-lagu yang akan diupload.
7. Setelah diupload, dibawah nama file ada tulisan unduh. Klik kanan tulisan unduh tersebut dan salin alamat tautan (chrome).
8. Setelah disalin, pastekan link tersebut di script web player yang sudah disediakan di bawah ini dan scriptnya juga ditambahkan di blog ya. Selain menggunakan player di bawah, anda juga bisa kok menggunakan player yang lainnya. Misalnya menggunakan SCM Player.
<script src="http://jwpsrv.com/library/XoNW0sYOEeKdoiIACqoQEQ.js"></script>

<div id='my-video'></div>
<script type='text/javascript'>
    jwplayer('my-video').setup({
        file: '<pastekan disini>',
        type: 'mp3',
        width: '300',
        height: '20',
        autostart: 'true',
        repeat: 'true'
    });
</script>

Keterangan
MERAH : OPTIONAL
Misal. : Jika kita ingin musik yang kita mainkan tidak diulang ketika selesai, anda dapat mengganti true dengan false di repeat.
Oh iya, Google Sites selain untuk menyimpan lagu, juga dapat menyimpan berbagai file lho. Dan itupun juga tanpa batas, kita bisa mengelola sendiri, speed download maksimum lho. Enak kan? Tapi jangan upload file yang besar-besar karena ukuran file yang diupload harus dibawah 20 MB dan per sites maksimal 100 MB. Untuk nyimpen file besar-besar saya saranin pake SkyDrive, Google Drive, atau Dropbox. Walaupun kapasitasnya gak seberapa tapi setidaknya mudah diakses oleh pengunjung blog yang hendak mendownload file anda dan speed downloadnya juga lumayan. Selain menggunakan player di atas, juga bisa menggunakan player lain seperti SCM player.

Oke sekian dulu tips & trik dari saya. Semoga bermanfaat, ya!

Comment & Rate, plz ;)


Dimas Al Faridzi Putra Perdana

Hanyalah seperti kebanyakan orang pada umumnya yang mempunyai sebuah keinginan yang mungkin tidak dapat dimengerti kebanyakan orang. Google

0 komentar: